Jumat, 26 Februari 2016

Ruang lingkup profesi keguruan

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan sangat penting dalam kehidupan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Maju-mundurnya suatu bangsa banyak ditentukan oleh maju mundurnya pendidikan bangsa itu. Mengingat sangat pentingnya bagi kehidupan, maka pendidikan harus dilaksanakan sebaik-baiknya sehingga memperoleh hasil yang diharapkan. Untuk melaksanakan pendidikan harus dimulai dengan pengadaan tenaga pendidikan sampai pada usaha peningkatan mutu tenaga kependidikan. 
Kemampuan guru sebagai tenaga kependidikan, baik secara personal, sosial, maupun profesional, harus benar-benar dipikirkan karena pada dasarnya guru sebagai tenaga kependidikan merupakan tenaga lapangan yang langsung melaksanakan kependidikan dan sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan. Jabatan guru dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan tenaga guru. Kebutuhan ini meningkat dengan adanya lembaga pendidikan yang  menghasilkan calon guru untuk menghasilkan guru yang professional.

B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana pengertian profesi keguruan dalam dunia pendidikan?
2. Bagaimana ruang lingkup profesi keguruan?

C. Tujuan Penulisan
Untuk menambah wawasan kita tentang ruang lingkup profesi keguruan




BAB II
PEMBAHASAN
A. Profesi Guru
Profesi adalah suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnya memerlukan/menuntut keahlian (expertise), menggunakan teknik-teknik ilmiah, serta dedikasi yang tinggi. Keahlian diperoleh dari lembaga pendidikan yang khusus diperuntukkan untuk itu dengan kurikulum yang dapat dipertanggungjawabkan.
Ciri-ciri profesi, yaitu adanya:
1. Standar unjuk kerja,
2. Lembaga pendidikan khusus untuk menghasilkan pelaku profesi tersebut dengan standar kualitas akademik yang bertanggung jawab,
3. Organisasi profesi,
4. Etika dan kode etik profesi,
5. Sistem imbalan,
6. Pengakuan masyarakat.

Pada dasarnya profesi guru adalah profesi yang sedang tumbuh. Walaupun ada yang berpendapat bahwa guru adalah jabatan semiprofesional, namun sebenarnya lebih dari itu. Hal ini dimungkinkan karena jabatan guru hanya dapat diperoleh pada lembaga pendidikan yang lulusannya menyiapkan tenaga guru, adanya organisasi profesi, kode etik dan ada aturan tentang jabatan fungsional guru (SK Menpan No. 26/1989).
Usaha profesionalisasi merupakan hal yang tidak perlu ditawar-tawar lagi karena uniknya profesi guru. Profesi guru harus memiliki berbagai kompetensi seperti kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.
Natonal Education Association (sucipto, kosasi, dan abimanyu, 1994) menyusun sebuah syarat atau kriteria yang mesti ada pada jabatan guru yaitu:
1) Jabatan yang melibatkan kegiatan intelektual.
2) Jabatan yang menggeluti suatu batang tubuh ilmu yang khusus. 
3) Jabatan yang memerlukan persiapan profesional yang lama (dibandingkan dengan pekerjaan yang memerlukan latihan umum belaka). 
4) Jabatan yang memerlukan latihan dalam jabatan yang berkesinambungan. 
5) Jabatan yang menjanjikan karier hidup dan keanggotaan yang permanen. 
6) Jabatan yang menentukan baku (standarnya) sendiri. 
7) Jabatan yang lebih mementingkan layanan di atas keuntungan pribadi. 
8) Jabatan yang mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat.

B.  Ruang Lingkup Profesi Guru
· Guru dengan Tugas Tambahan
1. Kepala Sekolah
Guru dapat diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah untuk memimpin dan mengelola pendidikan di sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Regulasi penugasan guru sebagai kepala sekolah diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan Indonesia nomor : 162/U/2003 tanggal 24 Oktober 2003 tentang Pedoman Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagaimana dikemukakan dalam Pasal 12 ayat 1 PP 28 tahun 1990 bahwa: “Kepala sekolah bertanggungjawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana”.
Kompetensi yang harus dimiliki guru dengan tugas tambahan sebagai kepala sekolah adalah:
a) Kepribadian dan Sosial
b) Kepemimpinan
c) Pengembangan Sekolah/Madrasah
d) Pengelolaan Sumber Daya
e) Kewirausahaan
f) Supervisi

2. Wakil Kepala Sekolah
Sama seperti kepala sekolah, guru memiliki tugas lain yaitu sebagai wakil kepala sekolah yang memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) membantu dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah, dalam hal ini wakil kepala sekolah dibagi menjadi beberapa bidang sesuai dengan kebutuhan sekolah, semisal wakil kepala sekolah  dan penanggung jawan manajemen mutu, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat.
Kompetensi yang harus dimiliki guru dengan tugas wakil kepala sekolah adalah:
a) Kepribadian dan Sosial
b) Kepemimpinan
c) Pengembangan Sekolah/Madrasah
d) Kewirausahaan
e) Bidang Tugas

3. Kepala Laboratorium
Kompetensi yang harus dimiliki guru sebagai kepala laboratorium/bengkel adalah:
a. Kepribadian
b. PengelolaanLingkungandan P3
c. Sosial
d. Pengorganisasian Guru/Laboran/Teknisi
e. PengelolaandanAdministrasi
f. PengelolaanPemantauandanEvaluasi
g. PengembangandanInovasi

4. Kepala Perpustakaan
Sebagai kepala perpustakaan guru harus dapat:
a. Merencanakan program perpustakaan 
b. Melaksanakan program perpustakaan 
c. Mengevaluasiprogram perpustakaan 
d. Kembangkan koleksi perpustakaan 
e. Mengorganisasi layanan jasa informasi perpustakaan
f. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
g. Mempromosikan perpustakaan & literasi informasi
h. Mengembangkan kegiatan perpustakaan sebagai sumber belajar kependidikan
i. Memiliki integritas dan etoskerja
j. Mengembangkan profesionalitas kepustakawanan

5. Kepala Kompetensi Keahlian
Guru dengan tugas tambahan sebagai kepala kompetensi keahlian harus memiliki kompetensi:
a. Kepribadian
b. Sosial
c. Perencanaan
d. PengelolaanPembelajaran
e. PengelolaanSumberDayaManusia
f. PengelolaanSaramaPrasarana
g. PengelolaanKeuangan
h. EvaluasidanPelaporan

· Hubungan antara Penguasaan Materi dan Kemampuan Mengajar
Penguasaan Materi menjadi landasan pokok seorang guru untuk memiliki kemampuan mengajar. Penguasaan materi seorang guru dilakukan dengan cara membaca buku-bulu pelajaran. 
Kemampuan penguasaan materi mempunyai kaitan yang erat dengan kemampuan mengajar guru, semakin dalam penguasaan seorang guru dalam materi/bahan ajar maka dalam mengajar akan lebih berhasil jika ditopang oleh kemampuannya dalam menggunakan metode mengajar. Penguasaan bahan ajar dapat diawali dengan mengetahui isi materi dan cara melakukan pendekatan terhadap materi ajar. Guru yang menguasai bahan ajar akan lebih yakin di dalam mengajarkan materi, senantiasa kreatif dan inovatif dalam metode penyampaiannya.

· Peran Guru dalam Sistem Pembelajaran
a. As instructor
Guru bertugas memberikan pengajaran di dalam sekolah (kelas).
b. Asconselor
Guru berkewajiban memberikan bantuan kepada murid agar mereka mampu menemukan masalahnya sendiri, memecahkan masalahnya sendiri, mengenal diri sendiri, dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
c. Asleader
Guru mengadakan superisi atas keiatan balajar murid, mengadakan menajemen kelas, mengadakan manajemen balajar sebaik-baiknya, mengatur disiplin kelas secara demoktaris.
d. As scientist
Guru menyampaikan pengetahuan kepada murid dan berkewajiban mengembangkan pengetahuan itu dan terus memupuk pengetahuan yang telah dimilikinya.
e. As person
Sebagai pribadi setiap guru harus memiliki sifat-sifat yang di senangi oleh murid-muridnya oleh orang tua dan masyarakat.
f. As comunicator
Guru sebagai pelaksana menghubungkan sekolah dan masyarakat.
g. As modernisasi
Guru memegang peranan sebagai pembaharu.
h. As contruktor
Membantu berhasilnya rencana pembangun masyarakat.

· Peran Guru dalam Pengembangan Rancangan Pembelajaran 
Proses pembelajaran merupakan proses inkuiri dan reflektif, yang menekankan pentingnya pengalaman dan penghayatan guru terhadap proses itu. Rancangan pembelajaran harus dikembangkan atas dasar tujuan-tujuan instruksional yang berorientasi kepada perkembangan siswa. Perkembangan adalah tujuan pembelajaran. Rancangan pembelajaran baik rancangan jangka pendek maupun jangka panjang mencakup komponen-komponen: 
a. Analisis kurikulum, 
b. tujuan instruksional, 
c. rencana kegiatan, 
d. rencana evaluasi

· Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran dan Manajemen Kelas 

1. Pembelajaran yang efektif terwujud dalam perubahan perilaku peserta didik baik sebagai dampak instruksional maupun dampak pengiring. Proses pembelajaran berlangsung dalam suatu adegan yang perlu ditata dan dikelola menjadi suatu lingkungan atau kondisi belajar yang kondusif. 
2. Pendekatan pluralistik dalam manajemen kelas memadukan berbagai pendekatan, dan memandang manajemen kelas sebagai seperangkat kegiatan untuk mengembangkan dan memelihara lingkungan belajar yang efektif. 
3. Masalah pengajaran dan manajemen kelas adalah dua hal yang dapat dibedakan tetapi sulit dipisahkan. Keduanya saling terkait; manajemen kelas merupakan prasyarat bagi berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif. 
4. Lingkungan belajar dikembangkan dan dipelihara dengan memperhatikan faktor keragaman dan perkembangan peserta didik. Manajemen kelas dikembangkan melalui tahap-tahap: perumusan kondisi ideal, analisis kesenjangan, pemilihan strategi, dan penilaian efektivitas strategi. 
5. Penataan lingkungan fisik kelas merupakan unsur penting dalam manajemen kelas karena memberikan pengaruh kepada perilaku guru dan peserta didik 

· Peran Guru dalam Evaluasi Pembelajaran 
Evaluasi adalah proses memperoleh informasi untuk membentuk judgment dalam pengambilan keputusan. Informasi yang diperlukan untuk kepentingan evaluasi dijaring dengan teknik-teknik inkuiri, observasi, analisis, tes. Pemilihan teknik yang digunakan didasarkan atas jenis informasi yang harus diungkap sehingga dalam suatu evaluasi bisa digunakan berbagai teknik sekaligus. Pengolahan hasil pengukuran atas hasil belajar dimaksudkan untuk mengevaluasi proses dan hasil belajar 

· Peran Guru dalam Memahami Perkembangan Siswa sebagai Dasar Pembelajaran 
Selagi pembelajaran merupakan proses pengembangan pribadi siswa maka perkembangan siswa harus menjadi dasar bagi pembelajaran. Aspek-aspek perkembangan siswa yang mencakup perkembangan fisik dan motorik, kognitif, pribadi, dan sosial mempunyai implikasi penting bagi proses pembelajaran. Implikasi itu menyangkut pengembangan isi dan strategi pembelajaran, dan kerja sama sekolah dengan orang tua.

· Ruang Lingkup Peranan Profesi Guru

       Peranan professional mencakup 3 bidang layanan, yaitu layanan instruksional,layanan administrasi, dan layanan bantuan akademik-sosial-pribadi. 3 layanan itu menjadi tugas pokok seorang guru. Layanan instruksional merupakan tugas utama guru, sedangkan administrasi dab layanan bantuan merupakan pendukung. Tugasnya yaitu :
       Pertama , penyelenggaraan proses belajar mengajar, yang menempati porsi terbesar dari profesi keguruan yang menuntu guru untuk isi atau materi  bidang studi yang diajarkan serta wawasan yang berhubungan dengan materi itu.
               Kedua,  tugas yang berhubungan dengan membantu murid dalam mengatasi masalah belajar pada khususnya dan masalah-masalah pribadi yang akan  berpengarus dalam proses belajarnya. Ketiga, guru haruas memahami bagaimana sekolah itu dikelolah, apa peranan guru didalamnya, bagaimana memanfaatkan prosedur serta mekanisme pengelolaan tersebut untuk kelancaran tugas-tugasnya sebagai guru.
       Secara konseptual dan umum,ruang lingkup kerja guru itu mencakup aspek-aspek (Johnson,1980) :
1. Kemampuan Profesional
a. Penguasaan materi pelajaran yang terdiri atas penguasaan bahan yang harus diajarkan dan konsep dasar keilmuan dari bahan yang diajarkan.
b. Penguasaan dan penghayatan atas landasan dan wawasan kependidikan dan keguruan.
c. Penguasaan proses-proses kependidikan,keguruan dan pembelajaran.
     2.   Kemampuan Sosial
a. Kemampuan untuk menyesuaikan diri kepada tuntutan kerja dan lingkungan sekitar pada waktu membawakan tugasnya sebagai guru.
3. Kemampuan Personal (pribadi)
a. Penampilan sikap yang positif terhadap keseluruhan tugasnya sebagai guru dan terhadap keseluruhan situasi pendidikan beserta unsure-unsurnya.
b. Pemahaman penghayatan dan penampilan nilai-nilai yang seyogyanya dianut seorang guru.
Ruang lingkup profesi keguruan terbagi pula dua gugus,yaitu :
1.      Gugus pengetahuan dan penguasaan tehnik dasar profesional
§ Menguasai bahan
§ Mengelolah program belajar menajar
§ Mengelolah kelas
§ Menggunakan media/sumber
§ .Menguasai landasan pendidikan
§ Menilai prestasi siswa untuk pendidikan pengajaran
§ Melaksanakan program bimbingan dan konseling
§ Menyelenggarakan adminitrasi sekolah
§ Memahami prinsip dan menafsirkan hasil penelitian pendidikan

2.        Gugus Kemampuan Profesional 
§ Merencanakan program belajar mengajar
§ Merumuskan tujuan-tujuan pembelajaran
§ Menguraikan deskripsi satuan bahasan
§ Merancang kegiatan belajar mengajar
§ Memilih media dan sumber belajar
§ Menyusun instrumen evaluasi
§ Melaksanakan dan memimpin proses belajar mengajar
§ Memimpin dan membimbing proses belajar mengajar
§ Mengatur dan mengubah suasana belajar mengajar
§ Menetapkan dan mengubah urutan kegiatan belajar
§ Menilai kemampuan belajar
§ Memberikan skor atas hasil evaluasi
§ Menstransformasikan skor menjadi nilai
§ Menetapkan rangking
§ Menafsirkan dan memanfaatkan berbagai informasi hasil penelitian                   untuk  memecahkan masalah professional kependidikan.
BAB III
                                           PENUTUP
A.    Kesimpulan
       Dari uraian diatas penulis dapat menyimpulkan bahwasannya profesi keguruan adalah pendidikan profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, melatih, meilai dan mengevaluasi pesrtadidik pada susia dini, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dan dalam UU tersebut juga dijelaskan bahwasanya profesi  guru adalah pendidik profesional dimana guru profesioanal adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal.













DAFTAR PUSTAKA

Satori, Djam’an, dkk. 2014. Profesi Keguruan. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka
Sutomo. dkk. 1998. Profesi Kependidikan. Ikip Semarang Press. Semarang.
Prof.dr. hamzah B. Uno, M. Pd.2009. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Diakses pada tanggal 16 Januari 2016
Diakses pada tanggal 16 Januari 2016

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates