Jumat, 26 Februari 2016

sekedar sharing nih pengalaman saya dulu waktu mau memilih perguruan tinggi sampe pada saat saya masuk ke salah satu perguruan tinggi nomer 1 se sumatra.yap UNIVERSITAS SRIWIJAYA.
pada awalnya dari SMA memang udah niat banget tuh mau masuk unsri, tapi keyakinan itu sempet goyah karna pikiran labil khas usia SMA , ya mikirnya kalo unsri tuh kan harus di indralaya jauh dari daerah asal, pengen kuliahnya yang deket-deket aja. Tapi seiring berjalannya waktu mulai nyari-nyari nih informasi bahwa peringkat dan kualitas universitas mempengaruhi kita pas entar bersaing di dunia kerja. dulu sih gak percaya , tapi setelah di pikir bener juga, kalo di univeristas yang memang mementingkan kualitas mahasiswanya otomatis nantinya ketika keluar sang mahasiswa udah biasa sama persaingan dan pola kerja di luar. selain itu banyak yang bilang masuk unsri tuh susah, testnya banyak banget soalnya, udahlah gak bakal lulus! mungkin itu sering sih saya denger dari teman-teman dan bahkan tetangga. tapi berkat dukungan orang tua, guru , temen-temen dan semuanya saya berhasil menepis semua anggapan itu.pas seleksi SNMPTN saya dengan yakin mengambil pilihan unsri. walaupun lewat jalur ini cuman keajaiban yang bisa ngelolosin saya. ya ngeliat dari kredibilitas sekolah dan belum ada alumni yang lulus lewat seleksi jalur ini. dan jeng jeng waktu pengumuman buka web dan yah bener aja , warna di monitor merah artinya aku harus menyiapkan diri buat jalur selanjutya, jalur testatau SBMPTN . setelah di nyatakan lulusdari SMA saya mulai mencari prediksi dan contoh soal-soal test yang akan di ujikan nantinya, walaupun terkesan terlambat tapi ya gak papalah. selama sekitar 2 bulan saya belajar dan berdo`a ..tahajud, dhuha gak ketinggalan. makin hari keyakinan buat lulus SBMPTN tinggi banget tuh, begitu tiba waktu test, berasa stres pas ngeliat soal sebelum ngerjain itu fatal. apa yang udah di pelajarin dalam sekejap ilang. nah di situ PD saya buat lulus agak berkurang , tapi tetap masih PD lulus , prodi yang saya ambil gak main-main S1 PGSD pilihan pertama , prodi yang saat ini lagi buming banget dengan passing grade paling tinggi di FKIP dan saya harus sanggup bersaing dengan ribuan orang peminat PGSD, pilihan ke 2 S1 FKIP fisika lumayan agak lebih rendah pasing gradenya dari PGSD dan pilihan ke3 MIPA kimia, nah jurusan ini yang saya agak PD lulus, passing gradenya agak rendah terus peminat jarang. tapiya mungkin dari orang tua kurang setuju, dan bener di seleksi jalur ini saya gatot, gagal total .pas pengumuman merah yang saya dapet. rasa nyerah ada kesel ahhh pokoknya campur aduklah . rasanya gak bakal bisa lagi saya masuk perguruan tinggi impian saya, tapi saya sadar penyesalan gak akan ngerubah keadaan , pilihan saya adalah bangkit dan mulai belajar lagi buat USM ya ujian saring mandiri yang di adain unsri, kembali saya harus bersaing dengan ribuan orang , dan di jalur ini rasa Pd  buat lulus turun drastis dari yang niat banget ampe pada level ini asal saya gak penasaran aja. nunggu penmuman pun gak seantusias waktu di SBM, nah sambil nunggu pengumuman saya ikut test di salah satu universitas islam di palembang, kalo yang ini PD buat lulusnya agak gede ,walaupun jurusan yang di minati masih tergolong gak ada di situ, tapi ya apa boleh buat lah,, alhasil saya ngambil prodi pendidikan matematika hahaha mantap gak tuh,, matematika mau jadi profesor saya, dantiba saatnya pengumuman jalur USM unsri gila itu website penuh kali ya susah banget di bukanya. pas udah males buat buka saya tinggal tidur tuhh,, sadar-sadar jam 2 mlm iseng buka dan kebetulan itu web mau kebuka jam kalong kaya gitu, dengan mata setengah merem saya masukin KAP sama Pinnya, karnasaya trauma ama kata maaf dan warna merah saya jauhin itu hp, dan jeng jeng jeng jeng ternyata dugaan saya salah,, gue lulus broo warna ijodi layar,, dan pas gue liat pilihan pertama yang lulus ... gile seneng akhirnya ada juga universitas yang mau nampung saya jadi mahasiswanya..hahaha dan pas saya liat pengumuman di universitas islam yang dulu saya ikut test ternyata lulus juga gue bro.....inti dari pengalaman saya ini adalah berdo'a dan berusahalah karna do'a dan usaha tak akan pernah mengkhianati hasil. gue dari dulu memang pengen di unsri tapi gak pengen jauh-jauh di indralaya dan Allah bener ngabulin niatan gue ,,gue kuliah di UNSRI dan gue dapet kampus di PALEMBANG bro,, haha lengkap kan paket yang di kasih Allah buat gue.. 

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates